Warga Binaan Rutan Unaaha Diajari Bekam dan Pengobatan Islami

  • Bagikan
Warga binaan Rutan Unaaha saat melakukan pelatihan bekam dan pengobatan islami. (ist)
Warga binaan Rutan Unaaha saat melakukan pelatihan bekam dan pengobatan islami. (ist)

ADIWARTA.COM: KONAWE – Puluhan warga binaan Rutan Unaaha yang bekerja sama dengan Rumah Rehab Hati Konawe melakukan pelatihan thibbun nabawi atau pengobatan secara islami serta bekam.

Aktivitas tersebut berlangsung sepanjang 2 hari dari tanggal 18-19 November 2021 di Masjid Al-Muhajirin. 50-an warga ikut melakukan pelatihan.

Thibbun nabawi sendiri ialah tata cara penyembuhan yang mencampurkan antara bekam, akupuntur, serta herbal. Tata cara ini adalah sunnah nabi yang masih tidak sering diterapkan di area warga.

Pada pelatihan tersebut, Ustad Abud Abid yang berperan selaku trainer menyampaikan pemaparan tentang thibbun nabawi serta metode bekam dan herbal.

Sehabis pemaparan, partisipan pelatihan langsung mengaplikasikan metode bekam yang dicoba secara berpasangan dengan didampingi trainer serta asisten trainer.

Kepala Rutan Unaaha Herianto mengatakan, pelatihan ini selaku upaya membagikan keahlian untuk WBP. Tidak hanya aktivitas reguler yang dicoba terpaut pembinaan spiritual untuk para binaan yang teratur dilaksanakan di Rutan Unaaha.

“Mudah- mudahan pelatihan ini berguna serta bermanfaat buat membagikan khasiat untuk orang lain sehabis keluar dari lapas,” ungkap Herianto.

Sedangkan itu, salah satu masyarakat binaan yang menjajaki aktivitas pelatihan thibbun nabawi ini Syamsir, merasa bersyukur sebab sudah diajarkan langsung tata cara pengobatan islami.

“Pelatihan ini sangat berguna sekali. Sepanjang ini kita cuma dengar saja soal bekam. Namun tidak ketahui barangnya seperti apa. Saat ini Alhamdulillah dapat ketahui bekam. Minimum ilmunya dapat dipakai buat bekam sesama masyarakat binaan, serta mudah- mudahan terpakai pula nanti kala bebas,” katanya. *

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *