close

Wahdah Bangun Dapur Umum untuk Bantu Palestina, Hendrawan: Rakyat Sultra Punya Kontribusi Besar

Wahdah Inspirasi Zakat Bangun Dapur Umum di Perbatasan Rafah, Hendrawan: Rakyat Sultra Punya Kontribusi Besar Dalam Hal Itu
Wahdah Inspirasi Zakat Bangun Dapur Umum di Perbatasan Rafah, Hendrawan: Rakyat Sultra Punya Kontribusi Besar Dalam Hal Itu

ADIWARTA.COM: GAZA – Lembaga Zakat Nasional (Laznas) Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) membuka dapur umum Ramadhan di perbatasan Rafah, Mesir, untuk memberikan bantuan kepada warga Palestina yang tengah menghadapi kesulitan pangan di bulan suci Ramadhan. Dapur Umum didirikan sejak Rabu 13 Maret 2024 oleh Relawan WIZ yang berada di lokasi.

Direktur Utama Wahdah Inspirasi Zakat, Syahruddin, menyatakan komitmen yang kuat untuk terus membantu Palestina, utamanya agar tidak terjadi kelaparan selama bulan suci Ramadhan.

Tahap awal proyek ini melibatkan penyediaan 500-1000 porsi makanan harian, yang disiapkan dan didistribusikan secara berkala sepanjang bulan Ramadhan. Dapur umum ini dirancang untuk memberikan dukungan kepada keluarga dan individu yang membutuhkan, terutama di tengah situasi sulit yang dihadapi oleh warga Palestina.

Makanan yang disajikan kali ini diambil dari bahan utama kedelai dan aneka biji-bijian yang diramu menggunakan bumbu khusus. Hal ini dilakukan untuk memastikan variasi nutrisi dan kandungan gizi yang diberikan kepada pengungsi selama bulan Ramadan. Di samping stok bahan baku di lokasi tersebut yang serba sulit, maka pemanfaatan bahan pokok yang layak konsumsi menjadi menu iftar kali ini.

“Kami sadar akan tantangan yang dihadapi oleh saudara-saudara kita di Palestina, terutama dalam hal kekurangan pangan. Dengan membuka dapur umum di perbatasan Rafah, kami berharap dapat memberikan bantuan yang signifikan dan meringankan beban hidup mereka, terutama selama bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini,” ujarnya.

Langkah ini, lanjut Syahruddin, sejalan dengan visi dan misi organisasi untuk mengurangi kemiskinan, meringankan penderitaan, dan memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan di seluruh dunia.

Dalam kesempatan lain, Hendrawan selaku Manajer Wilayah WIZ Sulawesi Tenggara mengungkapkan bahwa kontribusi rakyat Sultra dalam pendirian Dapur Umum itu sangat besar.

“Alhamdulillah rakyat Sultra telah mempercayakan WIZ untuk menyalurkan hadiah terbaik mereka kepada saudara-saudari kita di Palestina. Melalui gerakan fundrising yang dimotori oleh Wahdah Peduli sejak tanggal 7 Oktober 2023, total dana yang terhimpun sebanyak 800 Juta,” jelasnya.

Dana yang terhimpun kemudian disalurkan kepada warga Palestina dalam berbagai bentuk bantuan. Selain pendirian dapur umum, juga berupa paket sembako, selimut, dan beberapa kebutuhan lain yang dilaporkan oleh Relawan WIZ yang ada di Gaza.

Pihaknya pun menyampaikan rasa terima kasih yang begitu besar atas kepeduliaan rakyat Sultra serta kepercayaan yang diberikan kepada WIZ Sultra sebagai mitra donasi.

“Semoga kita semua mendapatkan balasan terbaik dari kebaikan yang kita lakukan,” pungkasnya.

Laporan: Humas WIZ Sultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *