close
Daerah  

Usul Penambahan DTKS, Dinas Sosial Siapkan Sepuluh Ribu Penerima Manfaat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Konawe, Agus Suyono
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Konawe, Agus Suyono

ADIWARTA.COM: KONAWE – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe berencana akan mengusulkan penambahan Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) pada Kementerian Sosial.

Sepuluh ribu penerima manfaat pun direncanakan akan dimasukkan Dinsos sebagai penerima manfaat bantuan sosial.

Upaya ini sebagai bentuk antisipasi Dinsos untuk mengurangi kemiskinan di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinsos Konawe, Agus Suyono menerangkan, penambahan data ini sekaligus perbaikan untuk menganulir penerima keluarga harapan baru serta keluarga rentan miskin yang nantinya diproyeksikan dalam bentuk program PKH, BPNT, JKN-KIS, KIP, bantuan lansia serta disabilitas.

“Dan sudah sekitar 5000 calon KPM yang telah kami verifikasi dan validasi dilapangan untuk dimasukkan ke DTKS,” terang Agus Suyono beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Dinsos telah menyalurkan bantuan pangan terhadap tujuh ribu penerima manfaat yang telah terdata dan masuk sebagai penerima bantuan pangan yang dicairkan melalui kantor pos.

“Pencairannya ini tiap tiga bulan di kantor pos,” jelas Agus Suyono.

Ia mengungkapkan, sejak pandemi data kemiskinan Dinsos terhitung sejak bulan Maret 2022 sebagian masyarakat berada pada rentan miskin.

Rentan miskin sendiri yaitu masyarakat yang mempunyai usaha atau penghasilan tetap dan dapat memenuhi kesehariannya. Namun terdampak pandemi hingga tidak bisa lagi memenuhi kebutuhannya.

“Jadi selama pandemi, masyarakat rentan miskin ini jadi terpengaruh. Syukurnya perlahan usaha-usaha ini mulai jalan kembali,” pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *