close

Sekda Luncurkan Command Center Konawe

CC6B6A97 C052 4373 8427 925B306A4CDF scaled
Sekda Konawe, Ferdinand saat meresmikan command center Konawe

ADIWARTA.COM: KONAWE – Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan meresmikan Command Center dan Media Center Diskominfo Kabupaten Konawe, Kamis (27/10/2022). Peluncuran itu dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Konawe, M Akib Ras, saat menyampaikan sambutannya menyampaikan bahwa hadirnya command center atau pusat data ini adalah untuk memudahkan Kominfo mengakses data dari berbagai OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Konawe.

“Dengan hadirnya gedung command center Diskominfo Konawe, maka segala data-data penting dari masing-masing OPD lingkup Pemda Konawe akan ditransmisikan ke command center. Sehingga OPD terintegrasi dalam satu data di media center ini,” ungkapnya.

Dikesempatan itu, Akib mengucapkan terimakasih kepada Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa karena telah mengucurkan anggaran pembangunan atau pembuatan command center dan media center Diskominfo Konawe.

Dijelaskan, pembangunan command center ini direncanakan pada Januari 2022, dan pada hari ini (kemarin red) diresmikan. Kata dia, dengan adanya command center di gedung lantai tiga kantor Bupati Konawe ini, maka kantor Diskominfo juga pindah di gedung tersebut.

“Jadi hari ini Dinas Kominfo akan bergeser. Di mana sebelumnya ada di samping kejaksaan dan Alhamdulillah hari ini kami sudah berkantor di sini. Dan kantor sebelumnya di tempati oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora),” tandasnya.

Sementara itu, Sekda Konawe Ferdinand Sapan yang mewakili Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan ada tiga tantangan yang diberikan oleh Kominfo, yang pertama bagaimana menjaga keamanan seluruh informasi data yang ada.

Yang kedua, bagaimana Kominfo lebih cepat paham, kemudian lebih cepat memberikan informasi kepada OPD terkait dengan informasi atau perkembangan yang diketahui.

“Artinya kalau saya belum tau, dan Bupati juga belum tau, dan yang harus mengetahui deluan itu adalah Kominfo. Kenapa, karena pergerakan Kominfo ini menggunakan digitalisasi semua,” jelasnya.

Selanjutnya, adalah pastikan pelayanan publik ini makin bagus. Terutama informasi yang dibutuhkan oleh Bupati Konawe maupun informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa cepat dengan adanya command center ini.

“Jadi command center ini fungsinya bukan hanya sekedar zoom biasa. Tetapi, nantinya ini menjadi tempat edukasi. Nantinya ini menjadi fungsi kontrol terhadap jalannya pemerintahan di Konawe,” pungkasnya.

Diketahui, usai meresmikan command center Kominfo Konawe dengan pemotongan pita, Sekda selanjutnya menyapa satu persatu para Camat se Kabupaten Konawe melalui via zoom yang telah stand bay di layar kaca command center.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *