close

Rutan Unaaha Sosialisasikan Semua Layanan Bebas Biaya

8B3DE6E0 F688 48A7 8459 2BB442F6194B

ADIWARTA.COM: KONAWE – Kepala Rutan Unaaha, Herianto didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Supriono melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 7 Tahun 2022 terhadap seluruh narapiana Rutan Unaaa Kamis (10/2/2022) usai melaksanakan senam pagi rutin bagi warga binaan.

Herianto menjelaskan, sosialisasi Permenkumham Nomor 7 tahun 2022 itu tentang syarat dan tata cara pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat kepada seluruh warga binaan binaan.

Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022 ini  merupakan Perubahan Kedua atas Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018. Permenkumham No 7 Tahun 2022 ini menjadi wajib disampaikan karena merupakan hak bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Herianto mengatakan, bahwa dalam Justice Collabolator sudah tidak lagi menjadi syarat pengusulan remisi ataupun integrasi. Oleh karena itu secara tidak langsung, syarat mutlak agar warga binaan menerima usulan remisi atau integrasi adalah berkelakuan baik dan beberapa ketentuan diatur didalamnya

“Dengan mengikuti kegiatan pembinaan dan menaati tata tertib Lapas sebagaimana aturan dalam Permenkumham nomor 6 Tahun 2013,” ungkapnya

Herianto menyampaikan beberapa poin perubahan kepada setiap warga binaan yang disambut baik dengan tepuk tangan dari warga binaan.

Usai memberikan sosialisasi, Herianto mengingatkan bahwa semua pelayanan mulai dari pengusulan dan pemberian hak-hak warga binaan di Rutan Unaaha tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS.

“Dihimbau kepada seluruh keluarga warga binaan agar jangan memberikan imbalan berupa apapun jika ada yang mengatasnamakan Rutan dalam setiap pemberian layanan kepada warga binaan,” tandas Herianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *