close
Daerah  

Rehabilitas Pertanian Pasca Banjir, Pj Bupati Konawe Tawarkan Tiga Program

IMG 7061 scaled
Rehabilitas Pertanian Pasca Banjir, Pj Bupati Konawe Tawarkan Tiga Program

ADIWARTA.COM: KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba tengah memfokuskan program  rehabilitasi lahan pertanian pasca bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Pondidaha beberapa waktu lalu.

“Penanganan infrastruktur pertanian pasca banjir menjadi fokus utama dalam upaya pemulihan lahan pertanian di daerah itu,” katanya beberapa waktu lalu.

Harmin Ramba menyampaikan bahwa program rehabilitasi pertanian ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk membantu para petani yang terdampak banjir.

“Program ini diharapkan dapat membantu para petani untuk kembali bercocok tanam dan meningkatkan hasil panen mereka,” jelas Harmin Ramba.

Lebih lanjut, Harmin Ramba menjelaskan bahwa program rehabilitasi pertanian ini terdiri dari beberapa komponen, yakni program asuransi pertanian yang dibiayai oleh Pemkab, dimana program ini akan memberikan ganti rugi kepada para petani yang mengalami gagal panen akibat banjir.

Selanjutnya, bantuan hand traktor sebanyak 2 unit beserta combain. Alat-alat pertanian ini akan membantu para petani untuk mengolah lahan mereka dengan lebih mudah dan efisien. Serta bantuan bibit untuk 300 hektar lahan yang terdampak banjir. Bibit yang diberikan adalah bibit padi varietas Konawe yang tahan terhadap penyakit dan hama.

“Selain itu, saat ini kita juga memiliki stok bibit padi sebanyak 10.000 hektar. Dimana Stok bibit ini akan terus ditambah pada bulan ini,” ungkapnya.

Pj Bupati Konawe berharap dengan bantuan yang diberikan oleh Pemkab Konawe, para petani di Kecamatan Pondidaha dapat segera kembali bercocok tanam dan meningkatkan hasil panen mereka.

“Dengan demikian, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para petani dan perekonomian di Kecamatan Pondidaha,” tutup Kepala Kesbangpol Sultra itu.*

Editor: Saldy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *