close
Ekobis  

Puluhan Alsintan Disalurkan Fachry Konggoasa, Dorong Pertanian Modern

Kolase foto penyerahan bantuan alat pertanian oleh Anggota DPR RI Fachry Konggoasa. (Dok)
Kolase foto penyerahan bantuan alat pertanian oleh Anggota DPR RI Fachry Konggoasa. (Dok)

ADIWARTA.COM: KONAWE – Keberadaan Fachry Konggoasa di DPR RI memberikan banyak angin segar terhadap dunia pertanian di Sultra. Melalui kiprahnya di Komisi IV, komisi yang menangani urusan pertanian, ia telah banyak menurunkan bantuan untuk para petani.

Kabupaten Konawe, Konawe Selatan (Konsel) dan Kolaka Timur (Koltim) yang menjadi lumbung pertanian di Sultra mendapat banyak jatah. Para petani diberi dorongan lewat bantuan puluhan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Pemberian bantuan ini sebagai upaya Fachry Konggoasa dalam mendorong terciptanya pertanian modern di Sultra khususnya Konawe.

Di Konawe, Fachry menurunkan traktor roda dua sebanyak 15 unit. Sedangkan untuk roda ada ada 4 unit. Ada juga Combine 2 unit dan Cultivator 12 unit.

Sementara di Koltim, Fachry menurunkan 20 unit traktor roda dua dan 4 unit roda empat. Ada juga Combine 2 unit dan Cultivator 10 unit.

Sedangkan untuk Konsel, Fachry menurunkan 20 unit traktor roda dua dan 1 unit roda empat.

Selain alat-alat besar, Fachry juga memberikan bantuan alat-alat kecil. Misalnya,  handsprayer corn sheller dan beberapa alat lainnya.

Seluruh bantuan yang diturunkan melalui aspirasi Fachry, sesuai permintaan masyarakat melalui Kementerian Pertanian, Kementerian Peternakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Fachry mengungkapkan, setiap kelompok yang mendapat bantuan akan ia bina. Pembinaan dilakukan agar Fachry dapat mengontrol kegiatan kelompok tani.

“Selain itu kita juga ingin kelompok tani ini bisa menjadi kelompok yang benar-benar mandiri dan dapat menyejahterakan anggota kelompoknya,” jelasnya.

Fachry menambahkan, untuk pengusulan proposal bantuan dapat diberikan ke rumah aspirasinya. Jenis bantuan yang dapat diusul sesuai tempat Fachry bertugas saat ini, yakni Komisi IV DPR RI, yang membidangi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Untuk diketahui, belum lama ini Fachry juga memberikan bantuan 100 ekor sapi dan 200 ekor kambing untuk 13 kelompok peternak di Sultra. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *