close

PT Antam dan BKSDA Sultra Kerjasama Transplantasi Terumbu Karang di Teluk Lasolo

  • Bagikan
PT ANTAM Tbk. UBPN KONAWE UTARA DAN BKSDA SULAWESI TENGGARA BEKERJA SAMA DALAM PROGRAM TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG DI TWA TELUK LASOLO
PT ANTAM Tbk. UBPN KONAWE UTARA DAN BKSDA SULAWESI TENGGARA BEKERJA SAMA DALAM PROGRAM TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG DI TWA TELUK LASOLO

ADIWARTA.COM: WANGGUDU – PT Antam Tbk. UBPN Konawe Utara bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan sinergi program transplantasi terumbu karang di Taman Wisata Alam Teluk Lasolo, yang digelar pada Hari Sabtu, 23 Desember 2023.

Kepala Balai Sakrianto Djawie, S.P., M.Si memberikan menjelaskan bahwa Taman Wisata Alam Teluk Lasolo merupakan kawasan konservasi yang memiliki peran penting dalam dalam siklus karbon dalam mengendalikan pemanasan global. Taman wisata ini sering disebut sebut sebagai miniatur Raja Ampat karena memiliki gugusan pulau pulau yang indah dan didukung dengan objek wisata bawah laut dan terumbu karang yang warna warni dengan ribuan ikan serta beraneka ragam biota laut.

Dengan terumbu karang dan biota launtnya, Taman Wisata Alam Teluk Lasolo Memiliki peran penting dalam menyerap karbon dioksida (CO₂) yang merupakan salah satu komponen gas rumah kaca, sehingga berkontribusi dalam mengendalikan pemanasan global. Sayangnya, masih ada oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan tindakan illegal fishing seperti pemboman ikan dan bius ikan yang menyebabkan rusaknya terumbu karang di Teluk Lasolo.

Proses recovery secara alami dapat berlangsung sangat lama sehingga dibutuhkan intervensi pengelolaan kawasan yang baik agar fungsi ekosistem yang indah dan unik kembali seperti sedia kala, dimana salah satunya adalah dengan transplantasi terumbu karang. BKSDA mengucapkan terima kasih kepada PT Antam Tbk atas kepedulian dan andil nyata ikut melestarikan Kawasan konservasi Di Sulawesi Tenggara khususnya TWA Teluk Lasolo melalui program ini.

Program Transplantasi terumbu Karang dilakukan di Desa Labengki pada blok Pemanfaatan TWA Teluk Lasolo dengan menggunakan metode Spider Mars sebanyak 75 Unit Rangka Spider Mars Dari 110 yang telah direncanakan. Secara simbolis dilakukan peletakan rangka transplantasi Kepala Balai KSDA Sulawesi Tenggara Sakrianto Djawie, SP. M.Si beserta jajaran Karyawan BKSDA Sultra, Tenaga Ahli Tim Penyelam BKSDA Sultra, Muhammad Rusdan yang mewakili ER & CSR Division Head PT Antam Tbk Tbk. serta beberapa pejabat PT Antam Tbk UBPN Konawe Utara.

IMG 20231224 WA0229 scaled
PT ANTAM Tbk. UBPN KONAWE UTARA DAN BKSDA SULAWESI TENGGARA BEKERJA SAMA DALAM PROGRAM TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG DI TWA TELUK LASOLO

Pada tempat terpisah General Manager PT Antam Tbk, UBPN Konawe Utara, Anando Hendra Setiawan menyampaikan bahwa kerja sama PT Antam Tbk dan BKSDA Sulawesi Tenggara dalam melestarikan Taman Wisata Alam Teluk Lasolo adalah salah satu bentuk komitmen PT Antam Tbk dalam membangun keberlanjutan di sekitar wilayah operasi pertambangan PT Antam Tbk di UBPN Konawe Utara.

Bersama BKSDA Sulawesi Tenggara serta stakeholder lainnya PT Antam Tbk akan terus ikut menjaga kelestarian Taman Wisata Alam Teluk Lasolo dan memberdayakan Masyarakat di sekitarnya agar ikut bersama-sama menjaga kelestarian dan mengembangkan Taman Wisata Alam Teluk Lasolo sebagai salah satu destinasi wisata di Sulawesi Tenggara dengan tetap mengutamakan kelestariannya.

Muhammad Rusdan mewakili ER & CSR Division Head PT Antam Tbk menyampaikan terima kasih kepada BKSDA Sulawesi Tenggara atas Kerjasama yang terjalin dan berharap kerjasama ini dapat terjalin dengan baik serta memberikan manfaat untuk masyarakat di Kabupaten Konawe Utara. Kegiatan transplantasi ini akan terus kita lanjutkan setiap tahunnya, dan tahun berikutnya akan kita tambahkan program Rehabilitasi Mangrove dan Lamun.

“Program transplantasi terumbu karang yang kita laksanakan pada hari ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan laut dan di wilayah pesisir TWAL Konawe Utara,”

Kegiatan ini juga merupakan program sinergi ANTAM dengan pemerintah dalam hal ini BKSDA Provinsi Sulawesi Tenggara, yang merupakan komitmen bersama yang sudah tertuang dalam Perjanjian Kerja Bersama antara ANTAM dengan BKSDA Sultra. (adv)

Laporan: Ical

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *