close

Perayaan HUT ke-62 Konawe, Refleksi Prestasi KSK untuk Daerah

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat membacakan pidato pada puncak perayaan HUT ke-62 Konawe. (Foto Ist)
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat membacakan pidato pada puncak perayaan HUT ke-62 Konawe. (Foto Ist)

ADIWARTA.COM: KONAWE – Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kabupaten Konawe digelar dengan penuh khidmat. Berlangsung di Kantor Bupati Konawe, sejumlah pimpinan dan pejabat daerah serta tokoh hadir, Rabu (2/3/2022).

Pada kesempatan itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyampaikan sejumlah pencapaian pemerintah khususnya dalam kurun setahun terakhir. Mulai dari investasi hingga pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Dalam pidatonya, Bupati Konawe Kery Saiful (KSK) Konggoasa mengatakan Kabupaten Konawe saat ini terus alami pertumbuhan dan perkembangan. Menjadi tugas saat ini adalah memastikan agar masyarakat Konawe dapat mencapai kesejahteraan, kemandirian dan daya saing yang kuat.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa pada puncak perayaan HUT ke-62 Konawe. (Foto Ist)
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa pada puncak perayaan HUT ke-62 Konawe. (Foto: Saldy)

“Kita tentunya bangga bahwa pada saat ini kita telah menunjukan kinerja yang sangat baik dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini. Hal ini dapat kita lihat dari pencapaian-pencapaian makro pembangunan daerah yang menunjukan Kabupaten Konawe dalam empat hingga lima tahun terakhir menjadi yang terbaik di Sultra,” ucap KSK.

Lanjutnya, hal ini sesuai dengan impian pemerintah yaitu menginginkan agar Konawe senantias menjadi yang ter “the best” Sultra.

KSK menuturkan, kemajuan dan ketahanan ekonomi di Konawe dapat dilihat melalui angka pertumbuhan ekonomi yang senantiasa bergerak positif bahkan meskipun pada masa pandemi covid-19. Dimana daerah-daerah lainnya di Sultra mengalami perlambatan pertumbuhan hingga level mines, Konawe masih tetap tumbuh positif.

“Pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi kita mencapai 10,7%, tahun 2019 meningkat menjadi 11,84%, tahun 2020 dimasa pandemi tumbuh positif 6,42% dan pada tahun 2021 naik menjadi 6,51%. pencapaian pertumbuhan ini jauh diatas rata-rata pertumbuhan kabupaten/kota lainnya di Sultra,” tutur KSK.

Puncak perayaan HUT ke-62 Konawe. (Foto Saldy)
Puncak perayaan HUT ke-62 Konawe. (Foto Saldy)

Lanjutnya, implikasi dari pertumbuhan ekonomi positif ini telah memberikan dampak pada peningkatan pendapatan per kapita masyarakat Konawe dimana jika pada tahun 2017 pendapatan per kapita masyarakat baru mencapai Rp22.2 juta per kapita per tahun atau Rp1.8 juta perkapita per bulan, kini naik signifikan menjadi Rp.30 juta pertahun atau Rp.2,5 juta perbulan perkapita.

KSK menerangkan, khusus untuk capaian investasi daerah pada tahun 2021, daerah mencatatkan prestasi yang sangat membanggakan dimana Konawe menempati urutan ketujuh nasional realisasi investasi tertinggi sebesar 20 triliun,meninggalkan jauh daerah lainnya di Sultra.

“Pada tahun ini rencana investasi besar juga akan masuk di Kecamatan Routa sebesar Rp58 triliun. Ini tentunya akan semakin memperkokoh ketahanan perekonomian Konawe,” ujar KSK.

Puncak perayaan HUT ke-62 Konawe. (Foto Saldy)
Puncak perayaan HUT ke-62 Konawe. (Foto Saldy)

Sementara dari sisi kinerja, penurunan angka kemiskinan di Konawe dalam lima tahun terakhir ini kita telah berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 15,65% ditahun 2017 menjadi 13,03% ditahun 2021. Ini sekaligus menempatkan Konawe sebagai daerah dengan kinerja penurunan angka kemiskinan tercepat se-Sultra dalam lima tahun terakhir.

Sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga terus mengalami peningkatan dimana pada tahun 2018 sebesar 70,72 kemudian pada tahun 2019 naik menjadi 71,29, selanjutnya tahun 2020 mencapai 71,35 dan tahun 2021 meningkat menjadi 71,48.

“Pencapaian ini tentunya adalah hasil dari kerja cerdas dan kerja keras kita semua sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang,” kata KSK.

“Saya berterimakasih kepada seluruh stakeholder pemerintah, lembaga-lembaga vertikal dan masyarakat Konawe yang telah bersama-sama berperan dalam pembangunan di Kabupaten Konawe. Harmonisasi antar lembaga pemerintah dan masyarakat adalah kunci sukses kita mencapai kegemilangan ini,” imbuhnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *