close

Pemkab Konawe Genjot Penekanan Laju Inflasi

  • Bagikan
IMG 3528

ADIWARTA.COM: KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe telah berkomitmen menekan laju inflasi dan pengentasan kemiskinan dengan menyalurkan bantuan beras 25 kilogram per kepala keluarga di Desa Punggaluku Kecamatan Abuki, Sulawesi Tenggara (Sultra)

Pembagian peras serahkan kepada 137 kepala keluarga, Rabu (22/11/2023) yang disalurkan langsung oleh PJ Bupati Konawe Harmin Ramba, bersama Forkopimda, Sekretaris Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan kunjungan kerja di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Abuki, Asinua dan Latoma.

PJ Bupati Konawe mengatakan pemerintah daerah terus berupaya membantu masyarakat yang mengalami kesulitan akibat dari dampak panjang yang melanda hampir semua di negeri ini akibat El Nino.

“Pemberian bantuan ini juga sebagai upaya pemerintah menekan laju inflasi di mana harga pangan di pasar saat ini lagi mengalami kenaikan sehingga pemerintah hadir untuk membantu masyarakat,” kata Harmin Ramba.

Menurut Harmin Ramba, bantuan beras yang dibagikan di Desa Panggulawu kecamatan Abuki ini bersumber dari anggaran afirmasi dana desa tahun 2023, di mana diketahui bahwa pada tahun 2023 ini, ada 10 Desa di Kecamatan Abuki mendapatkan afirmasi dana desa.

Lanjut Harmin Ramba, alokasi afirmasi dana desa adalah program pemerintah yang bertujuan untuk membantu Desa yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi dan berada pada daerah terpencil dan tertinggal.

Mantan Camat Abuki itu meminta kepada masyarakat Konawe untuk memberikan dukungan dalam menjalankan tugas sebagai pejabat Bupati Konawe. Harmin Ramba menegaskan bahwa sebagai Penjabat Bupati dirinya berkomitmen untuk membangun daerah.

“Saya hanya diberi tugas selama satu tahun. Sehingga satu tahun ini saya fokus untuk membangun Konawe,” tegasnya.

Terakhir, Harmin Harman mengimbau kepada seluruh Kades dan Aparatnya untuk netral pada pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang.

“Kepala Desa tidak boleh menjadi tim sukses apalagi menjadi tim pemenangan calon tertentu. Aparatur harus netral, tidak boleh berpihak,” tegas Harmin Ramba.

Diketahui sebelum menyalurkan bantuan beras di Desa Punggaluku, PJ Bupati menggelar Pasar Murah di Desa Walay Kecamatan Abuki. Dalam kegiatan pasar murah tersebut, Pemerintah daerah Kabupaten Konawe memberikan subsidi Rp. 4000 di setiap item bahan pokok yang dibeli oleh masyarakat.

Selanjutnya, PJ Bupati Konawe melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Asinua dan Latoma untuk bertatap muka dengan warga setempat sekaligus memberikan bantuan beras kepada warga Desa Asipako Kecamatan Asinua dan warga Kecamatan Latoma.

Sementara itu, salah satu masyarakat Panggulawu Hardin mengatakan dengan adanya bantuan beras ini masyarakat sangat terbantukan untuk kebutuhan pangan dimana harga saat ini sedang melonjak. (*).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *