close

Pemkab Konawe Bakal Bangun Pemecah Ombak di Soropia

  • Bagikan
c43210e3 aea1 4811 8d89 8f3c25d1b3e1

ADIWARTA.COM: KONAWE – Untuk mencegah abrasi pantai di di Desa Saponda dan Bokori, Kecamatan Soropia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Provinsi a Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal membangun pemecah ombak.

Hal tersebut diungkap saat Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Soropia beberapa waktu lalu, Harmin Ramba mengatakan, permasalahan yang paling mendasar di Desa Bokori adalah terkait abrasi pantai karena kawasan perumahan yang berada di pantai.

Harmin juga menjelaskan, infrastruktur yang sangat perlu dibangun di Desa Bokori ini adalah pemecah gelombang dan taluk gelombang guna mencegah abrasi pantai.

Harmin mengungkap, pihaknya telah memerintahkan dinas terkait meninjau terlebih dahulu terkait kewenangan pembangunan untuk pemecah gelombang di pesisir pantai Desa Bokori dan Saponda.

“Karena biasanya kita ini terkendala izin entah itu kewenangan provinsi, atau pusat,” jelasnya.

Berbicara tentang kewenangan terkait pemecah gelombang jarak 0 Kilometer dari pesisir pantai itu sudah kewenangan provinsi, dan 12 Mil selanjutnya sudah kewenangan pusat.

“Tetapi kalau hanya masalah Taluk insyaallah kita tangani,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerja salah satu masyarakat Desa Bokori, mengeluhkan abrasi pantai yang terus terjadi di area perumahan masyarakat.

“Kalau bisa pak bupati kita dibangunkan pemecah gelombang 200 meter saja,” ucap wargga.-**

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *