close
Daerah  

Pemda Siapkan Pestisida Gratis untuk Petani

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Konawe, Gunawan Samad
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Konawe, Gunawan Samad

ADIWARTA.COM: KONAWE – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) saat ini sedang menyiapkan pemberian bantuan pestisida secara gratis kepada petani.

Kepala Dinas TPHP Konawe Konawe, Gunawan Samad mengatakan, bantuan pestisida pembasmi hama ini adalah upaya dalam mengantisipasi dan meminimalisir serangan hama pada sawah milik petani.

Antisipasi ini dilakukan mengingat musim panen untuk masa tanam satu akan segera datang. Saat ini sendiri, beberapa petani telah melaporkan mulainya bermunculan sejumlah hama.

Diterangkan Gunawan, bantuan ini akan diberikan kepada petani yang melakukan permohonan. Sehingga, petani dapat memantau perkembangan sawah miliknya dan segera melakukan permohonan.

Gunawan pun membeberkan, hampir merata yang dialami para petani, selama ini untuk hama yang sering menyerang adalah hama tikus, penggerek batang dan blash.

“Tapi kita syukuri sampai sejauh ini belum ada petani yang berada di Konawe gagal panen akibat serangan hama,” kata Gunawan.

Tak lupa, Dinas TPHP melalui para penyuluh terus mengingatkan para petani untuk selalu memperhatikan gejala-gejala penyakit maupun serangan hama yang mungkin terjadi.

“Kami selalu memberikan imbauan ke petani untuk waspada khususnya masalah hama. Jika ada masalah bisa langsung dilaporkan untuk langkah antisipatif,” pungkas Gunawan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *