close

Pemda Konawe Alokasikan Pengobatan Gratis untuk Masyarakat Kurang Mampu

  • Bagikan
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat berkunjung ke BLUD Rumah Sakit Konawe.
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat berkunjung ke BLUD Rumah Sakit Konawe.

ADIWARTA.COM: KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya. Khususnya masyarakat yang tergolong tidak mampu.

Kali ini, Pemkab Konawe berkolaborasi dengan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) dalam hal pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin. Sehingga pasien miskin bisa berobat gratis.

Hal ini disampaikan langsung oleh direktur BLUD RS Konawe dr Agus Lahida. Menurutnya, BLUD RS Konawe terus berbenah. Sehingga masyarakat Konawe tidak perlu ragu untuk datang ke Rumah Sakit (RS) melakukan pengobatan. Utamanya terhadap masyarakat yang tergolong tidak mampu.

Karena saat ini banyak program hasil inovasi BLUD RS Konawe yang dapat meringankan beban biaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tergolong tidak mampu.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat berkunjung ke BLUD Rumah Sakit Konawe.
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat berkunjung ke BLUD Rumah Sakit Konawe.

“Selama ini pemikiran masyarakat bahwa yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis hanya bagi mereka yang mendapat jaminan kesehatan dari pemerintah seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), padahal ada banyak kebijakan alternatif yang bisa ditempuh oleh pihak BLUD RSUD Konawe untuk meringankan beban pasien miskin,” ungkapnya.

Agus menjelaskan, memang besarnya biaya pengobatan dan perawatan di RS membuat kebijakan pemerintah sangat terbatas memberikan kuota KIS. Sehingga dimungkinkan tidak semua warga miskin akan mendapatkan jaminan kesehatan itu.

Namun, kata dia, pihaknya tidak berhenti disitu. Dirinya tetap memikirkan solusi bagi pasien tidak mampu yang tidak memiliki kartu jaminan biaya kesehatan seperti KIS. Supaya masyarakat Konawe dapat sehat.

Solusinya yang dimaksud yakni dengan kolaborasi pemerintah daerah dengan BLUD RS Konawe maka terdapat program gemilang.

Direktru BLUD RS Konawe, dr. Agus Lahida, pada puncak perayaan HUT BLUD RS Konawe yang ke 34 tahun.
Direktru BLUD RS Konawe, dr. Agus Lahida, pada puncak perayaan HUT BLUD RS Konawe yang ke 34 tahun.

Program gemilang itu, masih kata Agus, merupakan bantuan dari Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang sumber pembiayaannya dialokasikan dari APBD setiap tahun anggaran berjalan. Jaminan biaya itu sampai pada tingkat pelayanan tindakan operasi.

“Tahun ini kita mendapat alokasi bantuan dari Pemda. Dan itu diperuntukkan bagi kategori pasien miskin, namun tidak memiliki jaminan kesehatan dari pemerintah lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Konawe, H. Ardin yang juga Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Konawe mengatakan dalam rapat pembahasan APBD Perubahan 2022 dana yang diajukan oleh pemerintah sebelumnya Rp500 juta dan setelah perubahan, menambah anggaran sebesar Rp250 juta dengan total Rp750 juta,

Banggar DPRD Konawe kemudian kembali melihat pentingnya program tersebut. Pihaknya lalu menambahkan lagi sebesar Rp750 juta. Sehingga, total keseluruhan sebesar Rp1,5 M untuk tahun 2022.

Menurutnya, program ini sangat penting untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam hal memperoleh layanan kesehatan secara gratis. Yang dialokasikan melalui BLUD RS Konawe yang bersumber dari APBD Perubahan.

“Karena pentingnya program ini, maka kita mengalokasikan anggaran hingga Rp1,5 Milyar dalam APBD perubahan ini, dan semoga dengan penambahan anggaran tersebut dapat membantu masyarakat konawe yang tidak mampu dalam menerima pelayanan kesehatan dari pemerintah ” ungkap politisi senior PAN itu, Jum’at (9/9/2022). (Adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.