close

Lurah Lapai Muh. Sanusi, Pemimpin Sederhana dan Pekerja Keras

BF86E8BD 2923 4BD4 AB59 39E709344AC8

ADIWARTA.COM: LASUSUA – Pemimpin seyogyanya bisa menjadi panutan. Paling tidak sebagai teladan ini lah yang telah di perlahitkan oleh Lurah Lapai Muh. Sanusi, S.Pd.

Ia dikenal sebagai lurah yang memimpin dengan kesederhanaan, santun, bijak dan pekerja keras semenjak terangkat sebagai ASN lingkup Pemerintahan Kabupaten Kolaka Utara pada 2009 lalu.

Muh. Sanusi awalnya adalah seorang guru kelas yang bertugas di SDN 1 Lahabaru selama 5 Tahun dan beralih fungsi dari fungsional ke struktural menjadi staf UPTD Diknaspora Ngapa/Watunohu pada tahun 2013.

Kemudian dilantik menjadi Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan di Kelurahan Lapai pada tahun 2014 serta sekaligus diberikan amanah menjadi pejabat Kepala Desa Padaelo Kecamatan Ngapa pada tahun 2016/2017.

Pada pemerintahan Rusda Mahmud dengan jiwa semangat kerja yang mendapat nilai baik maka pada tahun 2019 dilantik menjadi Kasi Informasi di Dinas Kebakaran dan sekaligus sebagai penannggungjawab Damkar Pos 2 Lapai oleh Bupati Kolaka Utara Drs, H. Nur Rahman Umar.

Keberhasilan dan penilain kinerjanya pemerintah daerah Kolaka Utara kembali memberikan amanah dan tanggung jawab sebagai lurah lapai saat ini. Setelah dilantik pada tanggal 25 Oktober 2021 lalu, Muh. Sanusi disapa pak Uchi langsung melakukan berbagai kegiatan.

“Saat dilantik saya langsung melakukan sejumlah kegiatan yang sifat bisa membawa perubahan demi terwujudnya harapan dan cita-cita pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara dan masyarakat Kelurahan Lapai,” terang Muh. Sanusi.

Selain sebagai Lurah Lapai, Muh. Sanusi juga mempunyai usaha depot air galong yang setiap hari dia geluti sepulang dari kantor. Mencuci mengisi dan mengantar galong keliling kampung dia lakukan tanpa ada rasa malu sedikitpun.

Salah satu warga Kelurahan Lapai, mengatakan sangat mengapresiasi kinerja Lurah Papai Muh Sanusi, karena pekerja keras dan tidak ada rasa gengsi sedikitpun dalam menggeluti pekerjaannya sebagai pengantar galon mengantar pesanan bagi warga.

Muh Sanusi juga bercerita, sikap yang ditunjukkannya tak lain adalah prinsip yang ia pegang. Menurutnya jika pemimpin dengan sikap rendah hari adalah

1. Menggairahkan lingkungan kerjanya. Suasana kerja jauh dari ketegangan dan memberikan rasa nyaman.

2. Lebih mudah diikuti oleh rekan kantornya Kuncinya pada komunikasi. Sikap tsb melahirkan harmonisnya komunikasi.

3. Lebih transparan.

4. Memberdayakan orang lain.

5. Lebih disukai banyak orang.

Dengan kisah ini menurut Pak Uchi bisa mencerminkan jiwa kepemimpinan yg baik bijak sederhana serta mendahulukan kepentingan umum dari kepentingan pribadi atau golongan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *