close

KSK: Laju IPM Konawe Terus Meningkat

  • Bagikan
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Konawe Tahun 2021
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Konawe Tahun 2021

ADIWARTA.COM: KONAWE – Sejak di bawah kepemimpinan Bupati Kery Saiful Konggoasa, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) Kabupaten Konawe terus alami peningkatan khususnya pada kurun waktu tahun 2018 hingga 2021.

IPM adalah angka yang mewakili kondisi penduduk dalam mengakses hasil pembangunan, memperoleh pendapatan, mengakses kesehatan, pendidikan, dan sejumlah aspek lain. IPM menjadi salah satu parameter untuk menggambarkan progres perkembangan ekonomi daerah. Angka IPM sendiri juga lekat dengan rasio gini atau ketimpangan serta tingkat kemiskinan.

KSK sendiri mengaku tidak punya target minimal atau maksimal soal pertumbuhan IPM Konawe. Namun, pelaksanaan dalam mencapai pertumbuhan IPM terus digenjot dari berbagai sektor pendukung seperti pertanian dan sektor investasi yang mendorong pembukaan lapangan kerja. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat agar daya beli masyarakat terjaga dan ekonomi kembali tumbuh positif.3DEC4B2F BD87 47EC 8444 2269E5CE348C

Manfaat IPM bagi daerah menurut Badan Pusat Statistik adalah IPM sebagai indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (penduduk). IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara. Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis yang bisa digunakan sebagai ukuran kinerja pemerintah. IPM pun menjadi salah satu alokator penentuan dana alokasi umum (DAU).

KSK membeberkan, data yang dirilis BPS Konawe, IPM Konawe tahun 2021 berada di urutan ke empat di Sulawesi Tenggara yakni 71,48 persen di bawah Kota Kendari, Kota Bau-Bau, dan Kabupaten Kolaka.

Program Sejuta Sapi Kabupaten Konawe

Adapun pertumbuhan IPM Konawe dari tahun 2018 sebesar 70,72 kemudian pada tahun 2019 naik menjadi 71,29, selanjutnya tahun 2020 mencapai 71,35 dan tahun 2021 meningkat menjadi 71,48 atau tumbuh 0,13 persen, dengan rata-rata 71,21 persen atau tumbuh 0,25 persen dalm kurun 4 tahun.

Adanya kenaikan IPM, KSK mengaku bangga dan bahagia. Sejalan dengan program unggulannya. Dirinya sangat berterimakasih kepada seluruh stakeholder pemerintah, lembaga-lembaga vertikal dan masyarakat Kabupaten Konawe yang telah bersama-sama berperan dalam pembangunan di Kabupaten Konawe.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

‚ÄúPencapaian ini tentunya adalah hasil dari kerja cerdas dan kerja keras kita semua sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Harmonisasi antar lembaga pemerintah dan masyarakat adalah kunci sukses kita mencapai kegemilangan ini,” ujar mantan Ketua DPRD Konawe ini. (adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *