close

Konawe Siap Terapkan Sistem Transportasi Cerdas

IMG 20240531 WA0170 scaled
Konawe Siap Terapkan Sistem Transportasi Cerdas

ADIWARTA.COM: KONAWE – Penjabat (Pj.) Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba, menghadiri pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pasific Forum di Jakarta Convention Center (JCC). Forum yang mengusung tema “Transformasi Menuju Mobilitas Urban yang Berkelanjutan dan Cerdas” ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin menekankan pentingnya pemerataan dan peningkatan akses terhadap sistem transportasi yang aman, terjangkau, dan ramah lingkungan. Menurutnya, hal tersebut dapat dicapai melalui pemanfaatan teknologi, salah satunya melalui sistem transportasi cerdas.

“Sistem transportasi cerdas ini diharapkan tidak hanya menjadi jawaban atas meningkatnya mobilitas masyarakat perkotaan, tetapi juga mampu mengurangi kemacetan, emisi gas rumah kaca, dan pemakaian energi, serta meningkatkan keselamatan,” ujarnya.

Ma’ruf Amin juga menyampaikan bahwa pemerintah telah berupaya dalam mendukung pengembangan inovasi teknologi sistem transportasi cerdas, seperti melalui penetapan kebijakan standar mobil listrik, program insentif kendaran listrik, dan program pendorong transisi lainnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba, menyatakan kesiapannya untuk menerapkan sistem transportasi cerdas di Konawe. “Kita akan mencoba membangun sistem walaupun mungkin secara bertahap, paling tidak di manajemen lalu lintas. Kita sedang menerapkan manajemen traffic sistem yang cukup baik dan ini bisa terus ditingkatkan dengan menggunakan intelligent transportation system,” ujar Harmin Ramba.

Ia juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama membangun sistem tersebut. “Karena tidak bisa berdiri sendiri. Semuanya tidak boleh ada yang tertinggal,” pungkasnya.

Harmin Ramba berharap forum ITS Asia Pasifik ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kerja sama regional dalam menghadapi tantangan dan peluang di bidang transportasi.

Forum ITS Asia Pasific 2024 dihadiri oleh berbagai menteri dan pejabat tinggi dari negara-negara Asia Pasifik, serta para pakar dan pelaku industri transportasi. Forum ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi konkrit bagi kemajuan sistem transportasi cerdas di kawasan Asia Pasifik.*

Editor: Saldy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *