close
Daerah  

Konawe Bakal Pamer Sapi Unggulan Hasil Inseminasi Buatan

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin

ADIWARTA.COM: KONAWE – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konawe terus menyukseskan program-program kerja unggulannya, diantaranya pengembangbiakan sapi hasil inseminasi buatan.

Antusiasme Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan itu sekaligus dalam persiapan memamerkan hasil kerja mereka di hadapan Menteri Pertanian yang diagendakan akan berkunjung ke Kabupaten Konawe.

Dalam agenda menyambut Menteri Syahrul Yasin Limpo, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan akan menghadirkan sapi-sapi unggulan hasil inseminasi buatan.

“Insya Allah kita akan tampilkan sapi-sapi unggulan seperti Sapi Bali, Limosin dan juga Sapi Jepang Wagyu. Ini juga baru terjadi di Sultra khususnya di Konawe,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin, Selasa (15/2/2022).

Jumrin menerangkan, sambutan kehadiran menteri sesuai dengan tujuang kedatangan menteri yakni melaksanakan panen pedet sapi Peranakan Ongole (PO) pada akhir bulan Maret mendatang.

Rencananya, ada sekitar 7000 ekor sapi pedet yang akan dipanen. Hal ini meneruskan panen pedet sebelumnya pada tahun 2019 sebanyak 9000 ekor.

Menteri Syahrul Yasin juga nantinya akan disuguhi kegiatan-kegiatan sekaligus teknologi yang digunakan petani dan peternak di Kabupaten Konawe.

“Ini juga merupakan implementasi dari program visi misi Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Melalui program sejuta ekor sapi menuju Konawe Gemilang,” ujar Jumrin.

Khusus Sapi Jepang Wagyu yang akan dipamerkan, Jumrin membeberkan adalah salah satu ujicoba inseminasi buatan yang sedang dikembangkan di Konawe.

“Inseminasi buatan itu adalah penyuntikan langsung sperma sapi jantan ke betina. Sistemnya ini dikerjakan dengan bantuan profesional. Jadi sapi-sapi ini tidak lagi kawin langsung seperti biasa,” beber Jumrin.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *