close
Ragam  

KH Abdurrahman Al Banjari Syiar ke Rutan Unaaha Beri Motivasi

IMG 20230928 WA0003
KH Abdurrahman Al Banjari saat menyampaikan syiar di hadapan warga binaan Rutan Unaaha.

ADIWARTA.COM: KONAWE – Dalam rangka safari dakwah di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham di Seluruh Indonesia , K.H. Abdurahman Al Banjari menyambangi Rutan Kelas II B Unaaha guna memberikan motivasi dan pembekalan iman kepada Warga Binaan di Masjid Al-muhajirin, Rabu 20 September 2023.

Pada kesempatan tersebut, K.H. Abdurahman Al Banjari sampaikan motivasi dan syiar Islam dengan mengusung tema “Memperbaiki Diri dengan Introspeksi”.

Safari Dakwah ini diikuti oleh pejabat struktural beserta pegawai bersama seluruh  warga binaan Rutan Kelas IIB Unaaha.

Dalam tausiahnya, K.H. Abdurahman Al Banjari menyampaikan tentang bagiamana manusia  memanfaatkan kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk memperbaiki diri dari kesalahan-kesalahan yang terlah diperbuat.

Ia mengutip salah satu  pesan sahabat Rasulullah Umar bin Khatab “Koreksilah diri kalian semua sebelum kalian dikoreksi (dihisab). Timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang. Dan hiasilah diri kalian (dengan amal ibadah) untuk pagelaran agung (hari kiamat) kepada Allah Ta’ala. Pada hari itu kalian semua dihadapkan, dan tidak ada sesuatu yang samar dari kalian”.

Lebih lanjut K.H. Abdurahman Al Banjari menjelaskan bahwa pesan ini memberikan arahan dan pedoman bagi kita semua untuk menjalani kehidupan di dunia.

“Di balik makna koreksilah diri kalian sebelum dihisab, berarti kita semua diharapkan untuk berhati-hati dalam bertindak, berbuat, dan berucap, dan bahkan tidak melakukan apa-apa sebelum benar-benar jelas kebenarannya, sehingga semua perbuatannya bernilai manfaat dan umurnya tidak hilang dengan sia-sia,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan awak media, pengajian ini diselingi dengan canda tawa sehingga menghibur dan memotivasi para warga binaan untuk merefleksi diri dan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Ustadz Abdurrahman.

Ustadz Abdurrahman Al Banjari dalam ceramahnya mengatakan bahwa dakwah yang ia lakukan belakangan ini sudah mengunjungi berbagai Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan kegiatan Safari Dakwah yang Ke-352 di lapas rutan dan Sultra adalah provinsi ke-19 saya. Sebelumnya kita juga sudah mengunjungi Lapas  dan Rutan di Kalimantan Timur. Sekrang di Unaaha dan Insyaallah  setelah ini akan ke Rutan Kolaka,” ungkapnya.

Diketahui, K.H. Abdul Rahman merupakan seorang mantan preman itu menyampaikan tausiyah tentang meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, serta tentang kesabaran, beliau juga memotivasi warga binaan untuk selalu bersyukur dan berusaha selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ada.

Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha Herianto menyebutkan jika kegiatan ini menjadi sebuah motivasi kerohanian yang positif bagi para WBP di Rutan Unaaha, agar lebih menjadi bertaqwa dan menjadi pribadi yang lebih baik nantinya.

“Dan kedatangan ustadz KH Abdurrahman Al Banjari kali ini, sangat kita apresiasikan, dimana beliau ini dikenal oleh WBP di Indonesia, karena sentuhan dakwah yang dilakukan menyentuh Rutan dan Lapas di Indonesia,” ujar  Herianto.*

Laporan: Ical

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *