close
Daerah  

Dinas Hortikultura dan Perkebunan Adakan Pelatihan Bagi Penyuluh

Pelatihan bagi penyuluh pertanian oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe.
Pelatihan bagi penyuluh pertanian oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe.

ADIWARTA.COM: KONAWE – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe menggelar acara pelatihan bagi penyuluh pertanian, di salah satu cafe di Unaaha Jumat (25/2/2022).

Pelatihan itu diberikan berupa penyusunan program penyuluhan pertanian di tingkat kabupaten. Ini merupakan salah satu program Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe tahun 2022.

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe, Gunawan Samad. Ia mengatakan, program bertujuan memperkuat tugas dan fungsi penyuluh pertanian.

Seperti diketahui, lanjut dia, penyuluh pertanian adaah leading sektor pelaksaanaan koordinasi integrasi penyuluhan lintas sektor. Sehingga dimaksudkan, ada peningkatan optimalisasi partisipasi masyarakat dan penyuluhan serta sebagai pelaksana advokasi masyarakat dalam penyuluhan pengembangan pertanian.

“Penyuluh sebagai garda terdepan punya tugas mendampingi dan mengawal petani menganalisis dan memecahkan masalah lapangan serta merespons peluang, sehingga perlu pembinaan untuk bisa memberikan solusi,” ujar Gunawan.

Lebih lanjut, ia memaparkan, sebagaimana diketahu, sektor pertanian saat ini merupakan sektor strategis dan didorong menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri dan modern, sehingga harus ditopang dengan kapasitas SDM pertanian yang mumpuni.

“Pertanian maju, mandiri dan modern menuntut adanya proses pembelajaran tiada henti yakni learning process melalui sekolah lapangan dan pelatihan dan unlearning process melalui percontohan,” papar Gunawan.

Untuk itu, pemerintah daerah Kabupaten Konawe melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe berupaya memastikan penyuluh pertanian yang tersedia bisa mendukung petani secara teknis pada subsektor tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan, sarana dan prasarana pertanian dan perkarantinaan.

“Selain itu penyuluh juga mendukung program penelitian dengan penyebarluasan teknologi inovasi pertanian melalui media yang efektif menjangkau sasaran luas seperti media audiovisual dan media sosial,” ucapnya. 

“Peran penyuluh pertanian sebagai pendamping petani saat ini, tidak hanya pendampingan dari hulu ke hilir, juga pasca panen. Dengan didampinginya petani dalam pendistribusian produk pertanian diharapkan lebih banyak menguntungkan petani,” imbuhnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *