close

BLUD RS Konawe Jadi Pusat Penelitian Sistem Vaksinasi Lepra

  • Bagikan
IMG 3553

ADIWARTA.COM: KONAWE – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe menjadi salah satu pusat penelitian sistem vaksinasi lepra.

Lepra, juga dikenal sebagai kusta, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini dapat mengenai kulit, saraf, dan organ-organ lain dalam tubuh.

Direktur BLUD RS Konawe, dr. Agus H. M. Lahida, MMR, mengatakan penelitian ini melibatkan peneliti dari Jepang hasil kerjasama antara BLUD RS Konawe, Rumah Sakit Wahidin Makassar, dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar.

Para peneliti yakni Hiroaki Takimoto, PhD (Department of Immunology Kitasato University), Jun Hakozaki, DVM (Laboratory of Veterinary Parasitology School of Veterinary Medicine Kitasato University), Takao Fujimura, PhD (Graduate School of Medical Sciense Kitasato University), dan Toshiko Miyata, MD, PhD (Department of Dermatology Saitama Citizens Medical Center).

“Hasil penelitian ini akan menjadikan penemuan baru yaitu vaksin lepra. Kalau ini berhasil, maka ini akan jadi penemuan vaksin lepra pertama di Dunia,” ujar dr Agus.

Dari hasil penelitian ini, kita berharap bisa ditemukan vaksin lepra. Sehingga nanti tidak ada lagi masyarakat yang kena lepra.*

Laporan: Ical

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *