close
Daerah  

BKKBN Konawe Bentuk Dapur Sehati Atasi Stunting di 56 Titik

IMG 20231010 WA0033
Dapur Sehat Atasi Stunting

ADIWARTA.COM: KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Konawe saat ini tengah menjalankan aksi Program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

Hal tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menekan angka stunting di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Konawe.

Kepala BKKBN Konawe, Tam Sati Sam menjelaskan, Program DAHSAT tersebut dicanangkan langsung oleh pemerintah pusat dan dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten, sedangkan di Kabupaten Konawe, program DAHSAT sudah mulai di sosialisasikan sejak 2022 kemarin dan aksinya baru dilaksanakan di tahun 2023.

“Tahun 2021 itu kami sudah launching, dan aksinya baru dilaksanakan di 2023,” terangnya.

Lanjut Kadis BKKBN, Pelaksanaan program DAHSAT menyasar seluruh Kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang berada di 56 titik seluruh kecamatan di Kabupaten Konawe.

Sedangkan teknis pelaksanaannya dijalankan melalui kerjasama dengan puskesmas dengan cara memberikan palatihan yang bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai cara membuat menu yang bergizi, selain itu pihak penyuluh juga menyiapkan makanan tambahan yang diperuntukan ibu hamil, ibu menyusui, dan pengantin baru.

“Pelatihan DAHSAT itu dilakukan dengan cara memberikan pemahaman bagaimana cara membuat menu yang mempunyai gizi cukup kepada masyarakat di desa,” bebernya.

Ia juga menerangkan, pihaknya bekerjasama dengan Dolog Konawe terkait pengadaan beras untuk makanan tambahan yang akan diberikan kepada masyarakat.

“Kami menyiapkan beras yang kandungan gizinya itu sangat tinggi yang berasal dari Dolog,” pungkas Kepala BKKBN.**

Laporan: Ical

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *