APBD Kolaka Utara Tahun 2022, Sembilan Program Prioritas Disepakati

  • Bagikan
Rapat paripurna penetapan APBD Kolaka Utara Tahun 2022
Rapat paripurna penetapan APBD Kolaka Utara Tahun 2022

ADIWARTA.COM: LASUSUA – Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara bersama DPRD menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kolut tahun 2022.

Rapat paripurna penetapan itu dihadiri Bupati Kolut Drs. H. Nur Rahman Umar, unsur pimpinan DPRD Kolut, Kejaksaan, Pengadilan, dan Kapolres serta pimpinan OPD.

Dalam sambutannya, Nur Rahman Umar menyampaikan, dirinya menyadari jika penetapan APBD Kolut melewati banyak tahapan yang melelahkan.

“Mulai dari tingkat komisi, pembahasan yang dilakukan hingga finalisasi tentu banyak perdebatan dan diskusi yang terjadi,” kata Nur Rahman, Sabtu (19/11/2021)

“Namun, semua itu bisa ditemukan solusinya karena ini menyangkut harapan yang mesti kita wujudkan di 2022,” imbuhnya.

Nur Rahman menuturkan, tahun 2022 menjadi penting bagi dirinya dari pasangannya H. Abbas, karena merupakan tahun terakhir keduanya menjabat sebagai bupati dan wakil bupati.

Kata dia, masih banyak agenda yang belum dituntaskan karena berbagai kendala, mulai dari keterbatasan anggaran hingga pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak kegiatan terpaksa tidak dilaksanakan.

Rapat paripurna penetapan APBD Kolaka Utara Tahun 2022
Rapat paripurna penetapan APBD Kolaka Utara Tahun 2022

Dihadapan legislatif, Nur Rahman berharap kondisi yang dialami Kolut hari ini bisa menjadi pertimbangan dewan utamanya kondisi keuangan daerah yang mengalami penurunan.

Ia berharap, di tahun 2022 dengan agenda yang telah disepakati bisa dilaksanakan secara maksimal.

“Harapan kami agar apa yang telah kita sepakati bisa benar-benar menuntaskan visi dan misi pemerintah daerah periode tahun 2017-2022,” ujar Nur Rahman.

Adapun sembilan program yang menjadi prioritas pada 2022 mendatang yaitu:

  1. Pembangunan Rumah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati,
  2. Penyiapan dana sharing untuk menunjang program revitalisasi kakao melalui anggaran tugas pembantuan dari Kementerian Pertanian,
  3. Penyediaan anggaran untuk program prioritas antar jemput pasien call center 119 dan anggaran untuk pembayaran honor tenaga honorer kesehatan serta biaya pendidikan bagi dokter spesialis,
  4. Penyediaan anggaran untuk kebutuhan sarana dan prasaran sektor perikanan seperti pengadaan kapal perikanan dan peralatan tangkap lainnya,
  5. Penyiapan anggaran untuk menunjang peningkatan PAD khususnya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan,
  6. Penyiapan anggaran untuk mendukung program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dengan lokus Desa Totallang dan Desa Puncak Monapa
  7. Penyediaan mobil jabatan untuk para camat,
  8. Penyediaan anggaran untuk penyelesaian pembangunan masjid di Desa Lawaki Jaya,
  9. Beberapa program prioritas lainnya di sektor pendidikan, koperasi & UKM, dan promosi sektor sub sektor perkebunan. *
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *