close

Antisipasi Gangguan Kamtib Jelang Nataru, Rutan Unaaha Geledah Kamar Narapidana

  • Bagikan
Aktivitas geledah kamar narapidana oleh petugas Rutan Unaaha.
Aktivitas geledah kamar narapidana oleh petugas Rutan Unaaha.

ADIWARTA.COM: KONAWE – Jelang Natal 2022 dan Tahun 2023 Rutan Kelas IIB Unaaha melakukan sidak terhadap kamar hunian warga binaan,Kamis (15/12/2022). Maraknya gangguan kamtib pada akhir tahun menjadi atensi khusus bagi Rutan Unaaha.

Kegiatan ini juga merupakan pencegahan serta deteksi dini gangguan kamtib serta bentuk nyata dari tindak lanjut Surat Edaran Dirjerpas Tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah apel pagi dengan menurunkan Satops Patnal Internal Rutan Unaaha dan petugas yang piket saat itu. Sebelum memasuki kamar hunian WBP Kepala Rutan Unaaha, Herianto berpesan agar dilakasanakan dengan aman, tertib dan terkendali.

“Lakukan penggeledahan dengan menghargai WBP sebagai manusia, gunakan pendekatan humanis, masuk dalam kamar hunian dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa), dan mintai izin kepada warga binaan untuk menggeledah kamar dan menyita barang-barang terlarang,” ucap Herianto.

Seluruh petugas Rutan melakukan penyisiran di sudut sudut kamar. Hasilnya, ditemukan sejumlah barang milik warga binaan yang tidak diperbolehkan berada di blok hunian diantaranya korek api, gunting kuku, paku, dan beberapa benda yang berbahan dasar kaca, barang-barang tersebut disita dan akan dimusnakan untuk mencegah barang tersebut masuk Kembali.

”Alhamdulillah tidak ditemukan narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya, memang ada beberapa barang yang disita dan langsung diamankan nantinya akan dibakar,” ungkap Herianto.

Sebelum menutup sidak Herianto menyampaikan apresiasi kepada Satopspatnal internal Rutan Unaaha serta mengingatkan Kembali pasa seluruh petugas untuk meningkatkan kewaspadaan terutama Pengaman Pintu Utama (P2U) yang merupakan gerbang masuknya pengunjung dan barang kedalam rutan.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *