close

2023 Pemkab Konawe Bakal Tarik Pajak TKA

  • Bagikan
67F28D7A 6B3F 4155 8A79 D2C86A58E573
Ketua DRPD Konawe, Dr. H. Ardin (atas) dan Sekretaris Daerah Konawe, Dr. Ferdinand (bawah).

ADIWARTA.COM: KONAWE – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Tahun 2023 para Tenaga Kerja Asing (TKA) akan dikenakan pajak Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, Dr Ardin mengatakan, RPTKA menjadi salah satu sektor yang berpotensi menyumbang pendapatan terbesar.

Pemerintah menargetkan Rp21 Miliar dari Tenaga Kerja Asing. Estimasi tersebut sesuai dengan perkiraan TKA di Konawe yang berkisar 1000 lebih orang.

“Setiap TKA dikenakan pajak 100 dolar dengan kurs berjalan. Tahun ini sudah jalan karena sudah sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada oleh karena itu Kementerian Tenaga Kerja memberikan itu. Jadi setiap tenaga kerja asing yang datang dia bayar langsung masuk ke kas kita,” kata Ardin

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Dr Ferdinand menuturkan, pihaknya tengah menghitung jumlah TKA di kawasan industri.

“Kami pemerintah Daerah merencanakan paling sedikit pajak RPTKA Tahun 2023 sekitar Rp20 Miliar” kata Ferdinnad.

“Terkait TKA itu kan menghitung satu tahun plus satu hari jadi nda bisa misalnya dia cuma enam bulan atau 10 bulan, setiap TKA akan dikenakan pajak sebesar 100 dolar,” pungkasnya.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *